SEPAKAT MEMINTA KEPADA BAPA DI DALAM DOA

Firman Tuhan Hari ini,
Matius 18:19 "Dan lagi Aku berkata kepadamu: Jika dua dari padamu di dunia ini sepakat meminta apa pun juga, permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa-Ku yang di sorga.”
"Sepakat Meminta"

BACAAN PAGI: Pengkhotbah 9:13-18
BACAAN MALAM: Yeremia 24:1-10
Renungan audio:
Transkrip

Matius 18:19 "Dan lagi Aku berkata kepadamu: Jika dua dari padamu di dunia ini sepakat meminta apa pun juga, permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa-Ku yang di sorga.”

Permintaan yang lahir dari sebuah kesepakatan sanggup membuka pintu sorga. Inilah janji Yesus dalam nas kita hari ini. Kita dapat meminta apa pun juga. Bila kita sepakat dan sehati, oleh satu tujuan yang sama dan yang dinyatakan dalam kesatuan Roh, Yesus berjanji akan memberikannya.

Demikian halnya juga dikatakan oleh Yesus dalam Yoh 15:7, “Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.”

Tuhan mau menyatakan, banyak hal yang luar biasa bisa terjadi di antara kita. Namun kita harus terlebih dahulu lahir dari sebuah kesepakatan di antara orang-orang percaya. Itu tidak datang begitu saja, melainkan dimulai dari komunitas. Di antaranya juga adalah kesepakatan dari diri sendiri. (Yoh 17:21) Kunci utamanya dimulai dari diri kita dahulu, bukan menunggu orang lain.

Inisiatif untuk bersepakat harus ada terlebih dahulu di dalam diri setiap kita yang percaya, yakni kesepakatan antara kita dengan Tuhan. (Am 3:3) Itulah makna terutama doa. Selanjutnya, berdoa bersama. (Mat 6:6) “Jika dua orang dari padamu di dunia ini sepakat meminta apapun juga, permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa-Ku yang di sorga. Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam Nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka.” (Mat 18:19-20)

Inilah makna keluarga dan rekan seiman dan sekerja di dalam Tuhan. Amin! (mts)

Lagu Pujian:

BE. 813:1-2 “Pangido Hamu Ma” (Apa Pun Kau Minta)

Bahasa Batak

Pangido hamu ma, sai na lehonon-Na do tu hamu,
Lului hamu ma, sai na jumpangan do hamu,
Sai tuktuhi hamu ma, sai na ungkapon-Na do di hamu,
Angka pangidoanmuna disarihon Debatamu.

Ula ma jumolo pangidoan nang pangondian i,
Unang ma mansadi martangiang ho tu Tuhan i,
Ai margogo situtu do, tangiang ni angka partigor i,
Molo sai dihaburjuhon partangiangonna i.

Bahasa Indonesia

Mintalah olehmu, akan diberikan kepadamu.
Cari lebih sungguh, akan ditemukan olehmu.
Ketuklah pintu rumah-Nya, maka pintu dibuka untukmu,
Apa saja yang kau minta diberi Tuhan Allahmu.

Yang utama kau lakukan doa syafaat bagi semua orang.
Bertekun berdoa dan bersyukur dalam segala hal.
Doa orang yang percaya bila dengan yakin didoakan,
Sangatlah besar kuasanya kar’na Tuhan mendengarnya.

DOA:

Jadikan kami orang beriman yang bersepakat untuk mewujudkan kerajaan-Mu di dunia ini, ya Tuhan. Amin
BACAAN PAGI: Pengkhotbah 9:13-18

9:13 Hal ini juga kupandang sebagai hikmat di bawah matahari dan nampaknya besar bagiku;

9:14 ada sebuah kota yang kecil, penduduknya tidak seberapa; seorang raja yang agung menyerang, mengepungnya dan mendirikan tembok-tembok pengepungan yang besar terhadapnya;

9:15 di situ terdapat seorang miskin yang berhikmat, dengan hikmatnya ia menyelamatkan kota itu, tetapi tak ada orang yang mengingat orang yang miskin itu.

9:16 Kataku: "Hikmat lebih baik dari pada keperkasaan, tetapi hikmat orang miskin dihina dan perkataannya tidak didengar orang."

9:17 Perkataan orang berhikmat yang didengar dengan tenang, lebih baik dari pada teriakan orang yang berkuasa di antara orang bodoh.

9:18 Hikmat lebih baik dari pada alat-alat perang, tetapi satu orang yang keliru dapat merusakkan banyak hal yang baik.

Sumber:
Suara Injil "IKUTLAH YESUS" atas ijin dari: Pdt. Bernard T.P Siagian, MTh.
Bacaan Alkitab: Alkitab Elektronik 2.0.0 LAI dapat di download di DOWNLOAD GRATIS ALKITAB ELEKTRONIK 2.0 VERSI DESKTOP - LAPTOP
Tuhan Yesus Memberkati.
Blog: FIRMAN TUHAN HARI INI Youtube: Renungan Harian Kristen Untuk mendapatkan  Renungan Harian Kristen dalam Audio, silahkan subscribe channel kami di sini.