MARI MENGENAL TUHAN DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH

Firman Tuhan Hari ini,
Hosea 6:3 "Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal TUHAN; Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi.”

MARI MENGENAL TUHAN DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH 

"Mengenal Tuhan"

BACAAN PAGI: Matius 21:18-22
BACAAN MALAM: Yeremia 36:1-19
Renungan audio:

Transkrip

Hosea 6:3 "Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal TUHAN; Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi.”

Orang yang mengenal Tuhan, pasti mendengar juga suara-Nya. Apakah kita sudah mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal TUHAN? Banyak orang Kristen yang mengaku sudah mengenal Tuhan, tetapi tidak mengenal suara-Nya. Mereka tidak mendengar suara Tuhan di dalam hidupnya. Lalu bagaimana kita dapat mengenal suara Tuhan?

Kita dapat mengenal suara-Nya jikalau kita sering berkomunikasi dengan-Nya. Berdoa adalah berbicara kepada Tuhan, dan Tuhan berbicara kepada kita. Doa adalah komunikasi dua arah. Jika kita sungguh-sungguh berdoa, berkomunikasi dua arah dengan Tuhan akan kita alami. Pasti kita akan mengenal Tuhan, dan mendengar suara-Nya.

Jika kita sungguh mengenal Tuhan, kita pasti akan menaati perintah-Nya. “Dan inilah tandanya, bahwa kita mengenal Allah, yaitu jikalau kita menuruti perintah-perintah-Nya.” (1 Yoh 2:3; Yoh 14:15) Perintah-perintah-Nya tidaklah sulit dan berat untuk dilakukan, sebab kita melakukannya untuk Tuhan, dan bukan untuk manusia. Maka kita tidak kuatir akan apapun juga, sebab kita tahu bahwa Tuhan muncul seperti fajar setiap hari, dan seperti hujan yang mengairi bumi. (Hos 6:3)

Rancangan-Nya adalah rancangan damai sejahtera yang penuh harapan. (Yer 29:11) Ia tidak lalai akan janji-janji-Nya. Ia telah memberikan anak-Nya, Yesus Kristus, Sang Firman Hidup. (Yes 55:8-11) Dialah penggenapan janji Allah. Kita mendengar suara-Nya dalam Alkitab, firman Tuhan yang tertulis. Kenal dan dengarlah suara-Nya. Amin! (msh)

Lagu Pujian:

BE. 14:2+6 _“Puji Hamu Jahowa Tutu” (Terpujilah Tuhan Yang Esa)

Bahasa Batak

Ingot tongtong, ale tondingkon,
Sude na denggan na dipasonggop Debata tu ho.
Denggan basa-Na do na pangoluhon ho.

Sai burju be marende sude,
Mamujimuji, Tuhanta Debata Jahowa i.
Parasiroha i, na marmulia i.

Bahasa Indonesia

Ingat s’lalu, hai roh, jiwaku,
Semua anug’rah yang diberikan Tuhan padamu.
Semua anug’rah yang dib’rikan padamu.

Bernyanyilah dengan bergemar,
Bersorak-sorai memuliakan Allah di surga.
Bersorak-sorai bagi Allah di surga.

DOA:

Tuntunlah kami untuk mendengar suara dan menaati firman-Mu dengan tekun membaca Alkitab, ya Tuhan. Amin!
BACAAN PAGI: Matius 21:18-22

21:18 Pada pagi-pagi hari dalam perjalanan-Nya kembali ke kota, Yesus merasa lapar.

21:19 Dekat jalan Ia melihat pohon ara lalu pergi ke situ, tetapi Ia tidak mendapat apa-apa pada pohon itu selain daun-daun saja. Kata-Nya kepada pohon itu: "Engkau tidak akan berbuah lagi selama-lamanya!" Dan seketika itu juga keringlah pohon ara itu.

21:20 Melihat kejadian itu tercenganglah murid-murid-Nya, lalu berkata: "Bagaimana mungkin pohon ara itu sekonyong-konyong menjadi kering?"

21:21 Yesus menjawab mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu percaya dan tidak bimbang, kamu bukan saja akan dapat berbuat apa yang Kuperbuat dengan pohon ara itu, tetapi juga jikalau kamu berkata kepada gunung ini: Beranjaklah dan tercampaklah ke dalam laut! hal itu akan terjadi.

21:22 Dan apa saja yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya."

Sumber:
Suara Injil "IKUTLAH YESUS" atas ijin dari: Pdt. Bernard T.P Siagian, MTh.
Bacaan Alkitab: Alkitab Elektronik 2.0.0 LAI dapat di download di DOWNLOAD GRATIS ALKITAB ELEKTRONIK 2.0 VERSI DESKTOP - LAPTOP
Tuhan Yesus Memberkati.
Blog: FIRMAN TUHAN HARI INI Youtube: Renungan Harian Kristen Untuk mendapatkan  Renungan Harian Kristen dalam Audio, silahkan subscribe channel kami di sini.