MENJADI SAHABAT YESUS, JIKA...

Yohanes 15:14 “Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu.”
MENJADI SAHABAT YESUS, JIKA...RENUNGAN HARIAN

Menjadi sahabat merupakan sebuah kepercayaan besar dan istimewa dalam relasi antar pribadi. 

Di antara para sahabat tidak ada jarak karena kedekatan yang intim dan saling pengertian, sehingga tidak lagi ada rasa sungkan atau ragu-ragu apalagi mencurigai. 

Persahabatan melahirkan rasa nyaman dan bahagia. Sahabat melebihi hubungan keluarga. Tawaran persahabatan sedemikianlah yang disampaikan dalam nas kita hari ini oleh Yesus. 

Betapa kita tidak bangga dan bersukacita menjadi sahabat Yesus? Sama seperti Abraham juga disebut sebagai sahabat Allah. (2 Taw 20:7; Yak 2:23) Dia taat akan perintah Allah. 

Demikian jugalah kiranya dengan kita, apabila kita menjadi sahabat Yesus. Kita tidak akan merasa berat atau terpaksa untuk taat dan berbuat seperti apa yang dikehendaki Yesus kepada kita.

Ketaatan sebagai seorang sahabat seperti itulah yang dikehendaki Yesus bagi kita. Yesus sendiri telah lebih dahulu menjadikan diri-Nya sendiri sahabat bagi kita dengan mengorbankan nyawa-Nya di atas kayu salib. 

Penderitaan dan kematian Yesus itulah kiranya juga mempererat relasi persahabatan di antara sesama kita umat manusia. Dengan kematian-Nya Yesus telah merenggut kita dari jurang kematian oleh karena dosa. 

Itulah bukti kasih-Nya kepada kita, para sahabat-Nya. Persahabatan seperti itulah yang seharusnya kita miliki selaku orang-orang Kristen. Sebagaimana Kristus, demikian jugalah kiranya di antara kita dengan Dia. 

Persahabatan tidak pernah merasa rugi atau berat hati. Bagi seorang sahabat semua yang terbaik akan diberikan dan dilakukan dengan sukarela dan sukacita karena kasih. 

Demikianlah kualitas harkat dan martabat kemanusiaan kita telah diangkat sedemian rupa oleh Yesus selaku seorang sahabat. Apakah kita bersedia memberikan nyawa kita untuk sahabat kita sama seperti Yesus? 

Mari, “Ikutlah Yesus!” Amin! - btps-

DOA
“Terpujilah Engkau, ya Yesus, Juruselamat dunia. Oleh-Mu harkat dan martabat kami telah terangkat dan ditinggikan menjadi anak-anak Allah, Bapa di sorga. Amin!”
BACAAN ALKITAB
BACAAN PAGI: Ulangan 10:10-22
BACAAN MALAM: Yakobus 2:14-26

LAGU PUJIAN
BE. 829:1 “Patik Na Imbaru” (Hukum Yang Baharu)

BAHASA BATAK TOBA
Patik na imbaru hulehon tu hamu,
Asa masihaholongan hamu sama hamu.
Songon holong ni rohangku maradophon hamu.
(Sian on do ditanda halak hamu sisean-Ku 
molo hamu masihaholongan. 2X)

BAHASA INDONESIA
Hukum yang baharu Kuberi padamu:
Mengasihi sesamamu seperti dirimu.
Seperti perbuatan-Ku mengasihi kamu.
(Semua orang ‘kan tahu bawa kamulah murid-Ku, 
jika kamu saling mengasihi. 2X)

BACAAN PAGI:

Ulangan 10:10-22
10:10 Maka aku ini berdiri di atas gunung seperti yang pertama kali, empat puluh hari empat puluh malam lamanya, dan sekali ini pun TUHAN mendengarkan aku: TUHAN tidak mau memusnahkan engkau.

10:11 Lalu berfirmanlah TUHAN kepadaku: Bersiaplah, pergilah berjalan di depan bangsa itu, supaya mereka memasuki dan menduduki negeri yang Kujanjikan dengan sumpah kepada nenek moyang mereka untuk memberikannya kepada mereka."

10:12 "Maka sekarang, hai orang Israel, apakah yang dimintakan dari padamu oleh TUHAN, Allahmu, selain dari takut akan TUHAN, Allahmu, hidup menurut segala jalan yang ditunjukkan-Nya, mengasihi Dia, beribadah kepada TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu,

10:13 berpegang pada perintah dan ketetapan TUHAN yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, supaya baik keadaanmu.

10:14 Sesungguhnya, TUHAN, Allahmulah yang empunya langit, bahkan langit yang mengatasi segala langit, dan bumi dengan segala isinya;

10:15 tetapi hanya oleh nenek moyangmulah hati TUHAN terpikat sehingga Ia mengasihi mereka, dan keturunan merekalah, yakni kamu, yang dipilih-Nya dari segala bangsa, seperti sekarang ini.

10:16 Sebab itu sunatlah hatimu dan janganlah lagi kamu tegar tengkuk.
10:17 Sebab TUHAN, Allahmulah Allah segala allah dan Tuhan segala tuhan, Allah yang besar, kuat dan dahsyat, yang tidak memandang bulu ataupun menerima suap;
10:18 yang membela hak anak yatim dan janda dan menunjukkan kasih-Nya kepada orang asing dengan memberikan kepadanya makanan dan pakaian.

10:19 Sebab itu haruslah kamu menunjukkan kasihmu kepada orang asing, sebab kamu pun dahulu adalah orang asing di tanah Mesir.

10:20 Engkau harus takut akan TUHAN, Allahmu, kepada-Nya haruslah engkau beribadah dan berpaut, dan demi nama-Nya haruslah engkau bersumpah.

10:21 Dialah pokok puji-pujianmu dan Dialah Allahmu, yang telah melakukan di antaramu perbuatan-perbuatan yang besar dan dahsyat, yang telah kaulihat dengan matamu sendiri.

10:22 Dengan tujuh puluh orang nenek moyangmu pergi ke Mesir, tetapi sekarang ini TUHAN, Allahmu, telah membuat engkau banyak seperti bintang-bintang di langit."

BACAAN MALAM

Yakobus 2:14-26
2:14 Apakah gunanya, saudara-saudaraku, jika seorang mengatakan, bahwa ia mempunyai iman, padahal ia tidak mempunyai perbuatan? Dapatkah iman itu menyelamatkan dia?

2:15 Jika seorang saudara atau saudari tidak mempunyai pakaian dan kekurangan makanan sehari-hari,

2:16 dan seorang dari antara kamu berkata: "Selamat jalan, kenakanlah kain panas dan makanlah sampai kenyang!", tetapi ia tidak memberikan kepadanya apa yang perlu bagi tubuhnya, apakah gunanya itu?

2:17 Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati.

2:18 Tetapi mungkin ada orang berkata: "Padamu ada iman dan padaku ada perbuatan", aku akan menjawab dia: "Tunjukkanlah kepadaku imanmu itu tanpa perbuatan, dan aku akan menunjukkan kepadamu imanku dari perbuatan-perbuatanku."

2:19 Engkau percaya, bahwa hanya ada satu Allah saja? Itu baik! Tetapi setan-setan pun juga percaya akan hal itu dan mereka gemetar.

2:20 Hai manusia yang bebal, maukah engkau mengakui sekarang, bahwa iman tanpa perbuatan adalah iman yang kosong?

2:21 Bukankah Abraham, bapa kita, dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya, ketika ia mempersembahkan Ishak, anaknya, di atas mezbah?

2:22 Kamu lihat, bahwa iman bekerjasama dengan perbuatan-perbuatan dan oleh perbuatan-perbuatan itu iman menjadi sempurna.

2:23 Dengan jalan demikian genaplah nas yang mengatakan: "Lalu percayalah Abraham kepada Allah, maka Allah memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran." Karena itu Abraham disebut: "Sahabat Allah."

2:24 Jadi kamu lihat, bahwa manusia dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya dan bukan hanya karena iman.

2:25 Dan bukankah demikian juga Rahab, pelacur itu, dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya, ketika ia menyembunyikan orang-orang yang disuruh itu di dalam rumahnya, lalu menolong mereka lolos melalui jalan yang lain?

2:26 Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati.

Sumber:
Suara Injil "IKUTLAH YESUS" atas ijin dari: Pdt. Bernard T.P Siagian, MTh.
Bacaan Alkitab: Alkitab Elektronik 2.0.0 LAI dapat di download di DOWNLOAD GRATIS ALKITAB ELEKTRONIK 2.0 VERSI DESKTOP - LAPTOP
Tuhan Yesus Memberkati.