TUHAN AKAN MEMBAHARUI KEKUATAN KITA

Yesaya 58:11  “TUHAN akan menuntun engkau senantiasa dan akan memuaskan hatimu di tanah yang kering, dan akan membaharui kekuatanmu; engkau akan seperti taman yang diairi dengan baik dan seperti mata air yang tidak pernah mengecewakan.”
TUHAN AKAN MEMBAHARUI KEKUATAN KITA
RENUNGAN HARIAN

Hidup mapan dan sejahtera setelah menikmati hasil Tanah Kanaan yang diberikan Allah membuat bangsa Israel jatuh dalam ritual formal sebagai rutinitas. 

Bait Allah selalu dipenuhi umat yang berduyun-duyun datang membawa kurban bakaran dan persembahan, disambut senandung nyanyian para biduan dan konser musik serta tari-tarian, lengkap dengan keharuman pakaian serta senyuman para imam. 

Semarak kidung puji-pujian dan paduan suara diperlombakan dengan berbagai hadiah berlimpah ruah menyenangkan para peserta untuk berebut juara. Semua perayaan dilakukan demi memuaskan hasrat untuk menghibur hati kaum berduit, namun tanpa peduli kalangan lainnya yang semakin tersisih. 

Demikianlah ritual puasa juga kewajiban lainnya dengan tekun ditaati sesuai aturan, namun tanpa belas kasihan dan cinta kasih. Mereka layaknya pohon yang berdaun rimbun dan subur namun tanpa buah.

Itulah yang diperingatkan nabi Yesaya juga kepada kita melalui nas hari ini. 

Allah tidak suka dengan keriuhan nyanyian ibadah serta puasa yang penuh kemunafikan seperti yang dilakukan bangsa Israel. 

Ibadah dan puasa sesungguhnya yang dikehendaki Allah bukanlah keramaian hari-hari raya, melainkan membuka belenggu-belenggu kelaliman dan melepaskan tali-tali kuk serta memecah-mecah roti bagi orang lapar dan memberi tumpangan kepada orang miskin yang tak punya rumah.

(Ay 6-7) Transformasi sosial sepatutnya kita hayati untuk memaknai gerakan Reformasi Martin Luther 503 tahun yang lalu, tepatnya tanggal 31 Oktober 1517. 

Inilah yang dikehendaki Tuhan bagi gereja dan kita orang percaya, terutama di tengah-tengah pandemi yang masih melanda dunia saat ini. 

Bila hal ini menjadi kenyataan gereja di tengah masyarakat bangsa kita, maka Tuhan akan memuaskan kita dengan segala yang menyenangkan hati bahkan di tanah yang kering sekali pun. Tuhan juga akan membaharui kekuatan kita. 

Karena itu, “Ikutlah Yesus!” Amin! - btps-

DOA
“Perbaharuilah gereja-Mu, ya Kristus, dan beri kekuatan untuk melakukan transformasi sosial di tengah pandemi yang masih melanda dunia dan bangsa kami. Amin!”
BACAAN ALKITAB
BACAAN PAGI: Ulangan 6:1-9
BACAAN MALAM: Yakobus 2:8-13

LAGU PUJIAN
BE. 501:1+3 “Sai Ditogutogu Jesus” (Tuhan Memimpin Langkahku)

BAHASA BATAK TOBA
Sai ditogutogu Jesus tondingki na gale i,
Asa unang be au ganggu dipanoguon-Na i.
Maradian do rohangku molo huhaposi i.
:,: Nang sitaonon dipasonggop sai jonok do Tuhanki. :,:

Sai ditogutogu Jesus au di parhorsihan i.
Paima sahat au tu surgo, i ma inganan-Na i.
Jala idaonku sogot panogu-Na i di au.
:,: Pujionku haholongan ni Tuhanta i di au. :,:

BAHASA INDONESIA
Tuhan memimpin langkahku kala hatiku lemah.
Agar hatiku tak ragu akan kuat kuasa-Nya.
Ditenangkan-Nya hatiku sungguh Dia Panduku.
:,: Apapun yang menimpaku jadi berkat bagiku. :,:

Yesus menuntun jalanku lewat gurun dunia.
Hingga sampai tujuanku masuk Surga yang baka.
Akan tiba hari esok, kasih Tuhan nyatalah.
:,: ‘Ku nyanyikan selamanya, kasih sayang rahmat-Nya. :,:

BACAAN PAGI:

Ulangan 6:1-9
6:1 "Inilah perintah, yakni ketetapan dan peraturan, yang aku ajarkan kepadamu atas perintah TUHAN, Allahmu, untuk dilakukan di negeri, ke mana kamu pergi untuk mendudukinya,

6:2 supaya seumur hidupmu engkau dan anak cucumu takut akan TUHAN, Allahmu, dan berpegang pada segala ketetapan dan perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu, dan supaya lanjut umurmu.

6:3 Maka dengarlah, hai orang Israel! Lakukanlah itu dengan setia, supaya baik keadaanmu, dan supaya kamu menjadi sangat banyak, seperti yang dijanjikan TUHAN, Allah nenek moyangmu, kepadamu di suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya.

6:4 Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa!

6:5 Kasihilah TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu.

6:6 Apa yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini haruslah engkau perhatikan,

6:7 haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun.

6:8 Haruslah juga engkau mengikatkannya sebagai tanda pada tanganmu dan haruslah itu menjadi lambang di dahimu,

6:9 dan haruslah engkau menuliskannya pada tiang pintu rumahmu dan pada pintu gerbangmu.

BACAAN MALAM

Yakobus 2:8-13
2:8 Akan tetapi, jikalau kamu menjalankan hukum utama yang tertulis dalam Kitab Suci: "Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri", kamu berbuat baik.

2:9 Tetapi, jikalau kamu memandang muka, kamu berbuat dosa, dan oleh hukum itu menjadi nyata, bahwa kamu melakukan pelanggaran.

2:10 Sebab barangsiapa menuruti seluruh hukum itu, tetapi mengabaikan satu bagian dari padanya, ia bersalah terhadap seluruhnya.

2:11 Sebab Ia yang mengatakan: "Jangan berzinah", Ia mengatakan juga: "Jangan membunuh". Jadi jika kamu tidak berzinah tetapi membunuh, maka kamu menjadi pelanggar hukum juga.

2:12 Berkatalah dan berlakulah seperti orang-orang yang akan dihakimi oleh hukum yang memerdekakan orang.

2:13 Sebab penghakiman yang tak berbelas kasihan akan berlaku atas orang yang tidak berbelas kasihan. Tetapi belas kasihan akan menang atas penghakiman.

Sumber:
Suara Injil "IKUTLAH YESUS" atas ijin dari: Pdt. Bernard T.P Siagian, MTh.
Bacaan Alkitab: Alkitab Elektronik 2.0.0 LAI dapat di download di DOWNLOAD GRATIS ALKITAB ELEKTRONIK 2.0 VERSI DESKTOP - LAPTOP
Tuhan Yesus Memberkati.