YA ALLAH, DENGARKANLAH DOAKU

Minggu Rogate, 26 Mei 2019 : YA ALLAH, DENGARKANLAH DOAKU
BE. 249:5-6 “Ngot Ma Ho O, Tondingku” (Bangkitlah, Hai Jiwaku)

Bahas Batak
Martangiang ho huhut asa saut malua.
Sian jea saluhut gabe ho martua.
Jesus do na gogo jala tau mangalo saluhut pangago.


Ala ni i, sai jouhon ma goar ni Tuhanta.
Na binaen ni Debata parsigantunganta.
Meleng do dompak ho pinggol ni Jesusmu mangoloi sangkapmu.

Bahasa Indonesia
Bertekunlah berdoa agar kau selamat.
Dari marabahaya hidupmu bahagia.
Yesuslah yang kuasa, yang t’lah menaklukkan Iblis, maut dan dosa.

Mohon dalam doamu pada Allah Bapa.
Dalam Yesus Penebus perlindungan kita.
Padamu Tuhanmu mendengarkan doa dan memb’ri jawabnya.

EVANGELIUM: Lukas 11:1-13
EPISTEL: Mazmur 102:2-3,13-23

Renungan audio: klik gambar untuk mendengar khotbah

YA ALLAH, DENGARKANLAH DOAKU
Transkrip
Sebagai orang Kristen kita tidak dapat lepas dari doa. Doa merupakan “alat” komunikasi yang sempurna dengan Tuhan. Sebab dengan doa kita bisa berbicara dengan Tuhan kapan dan di mana saja, seberapa lama pun, tanpa harus bayar pulsa alias gratis.

Di dalam doa kita boleh menyampaikan apa saja kepada Tuhan, baik pergumulan atau persoalan yang sedang kita hadapi mau pun segala unek-unek bahkan bisikan mesra kepada Tuhan. Kita akrab dengan istilah Ora et Labora dari Martin Luther. Artinya: Berdoa dan bekerja. Bahwa kita telah diberikan garansi 50% berhasil.

Maka kita bekerja tinggal hanya 50% lagi. Untuk menyelesaikan sisanya, teruslah bekerja dengan tekun di dalam doa, meminta campur tangan Tuhan dalam setiap upaya kita supaya hasilnya tidak sia-sia.

Kita akan merasakan kepuasan dan kebahagiaan tersendiri ketika doa kita dijawab Tuhan. Tujuan kita berdoa bukan sekadar meminta dari Tuhan, betapa pun memang kita bebas meminta. Marthin Luther juga mengatakan bahwa doa itu adalah nafas hidup orang Kristen. Artinya, hanya doalah yang membuat kita hidup dan beroleh kekuatan sekaligus hubungan yang harmonis dengan Tuhan. Tanpa doa sama dengan hidup tanpa Tuhan, yang berarti juga mati.

Demikian juga diajarkan oleh Yesus dalam “Doa Bapa Kami”. Dengan doa kita menyampaikan pujian kepada Allah. Doa berisikan permohonan. Dengan doa kita mengungkapkan pertobatan dan pengampunan.

Di dalam doa bahkan ada kuasa bagi orang yang benar bahwa sesuatu akan terjadi dengan keyakinan iman akan campur tangan Tuhan. Di dalam doa kita akan ada perubahan besar bagi dunia. Amin!

DOA:
“Ya Bapa, ajarlah kami memohon di dalam doa dan datang kepada-Mu di dalam nama Yesus. Amin!”

EVANGELIUM: Lukas 11:1-13
1 Pada suatu kali Yesus sedang berdoa di salah satu tempat. Ketika Ia berhenti berdoa, berkatalah seorang dari murid-murid-Nya kepada-Nya: "Tuhan, ajarlah kami berdoa, sama seperti yang diajarkan Yohanes kepada murid-muridnya."
2 Jawab Yesus kepada mereka: "Apabila kamu berdoa, katakanlah: Bapa, dikuduskanlah nama-Mu; datanglah Kerajaan-Mu.

3 Berikanlah kami setiap hari makanan kami yang secukupnya
4 dan ampunilah kami akan dosa kami, sebab kami pun mengampuni setiap orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan."
5 Lalu kata-Nya kepada mereka: "Jika seorang di antara kamu pada tengah malam pergi ke rumah seorang sahabatnya dan berkata kepadanya: Saudara, pinjamkanlah kepadaku tiga roti,

6 sebab seorang sahabatku yang sedang berada dalam perjalanan singgah ke rumahku dan aku tidak mempunyai apa-apa untuk dihidangkan kepadanya;
7 masakan ia yang di dalam rumah itu akan menjawab: Jangan mengganggu aku, pintu sudah tertutup dan aku serta anak-anakku sudah tidur; aku tidak dapat bangun dan memberikannya kepada saudara.
8 Aku berkata kepadamu: Sekalipun ia tidak mau bangun dan memberikannya kepadanya karena orang itu adalah sahabatnya, namun karena sikapnya yang tidak malu itu, ia akan bangun juga dan memberikan kepadanya apa yang diperlukannya.

9 Oleh karena itu Aku berkata kepadamu: Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.
10 Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan.

11 Bapa manakah di antara kamu, jika anaknya minta ikan dari padanya, akan memberikan ular kepada anaknya itu ganti ikan?
12 Atau, jika ia minta telur, akan memberikan kepadanya kalajengking?

13 Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya."

Untuk mendapatkan update Renungan Harian Kristen dalam Audio setiap  hari, silahkan subsribe channel kami disini.
Salam