Allah Menghakimi Segala Sesuatu Termasuk..

Firman Tuhan Hari ini,
Roma 2:16 “Hal itu akan nampak pada hari, bilamana Allah, sesuai dengan Injil yang kuberitakan, akan menghakimi segala sesuatu yang tersembunyi dalam hati manusia, oleh Kristus Yesus.”
"Allah Menghakimi"

BACAAN PAGI: 1 Korintus 12:27-31
BACAAN MALAM: 1 Petrus 5:5-11
Transkrip

Roma 2:16
“Hal itu akan nampak pada hari, bilamana Allah, sesuai dengan Injil yang kuberitakan, akan menghakimi segala sesuatu yang tersembunyi dalam hati manusia, oleh Kristus Yesus.”

Orang Yahudi sering mempertontonkan keangkuhan dalam hidup rohaninya. Hal itu menunjukkan bahwa mereka adalah umat perjanjian yang memiliki tanda istimewa, yaitu taurat dan sunat. Itu mereka anggap bukti keistimewaan mereka, yang tidak dimiliki non-Yahudi.

Karena itu, orang non-Yahudi patut dihakimi karena tidak memiliki sarana keselamatan. Statemen tersebut dipatahkan Paulus melalui nas ini, bahwa Allah tidak pandang bulu. Di hadapan Tuhan semua orang setara, yang kelak semua akan diperhadapkan pada penghakiman Allah.

Memang ada banyak perbedaan kita di dunia ini. Ada yang kaya, ada yang miskin. Ada orang terhormat, dan ada yang harus memberi hormat. Demikian juga di dalam jemaat. Bila di dunia ini ada yang kebal hukum karena status dan memiliki banyak uang, namun di hadapan Tuhan semua sama. Seorangpun tidak ada yang kebal hukum.

Kita semua akan diperhadapkan pada penghakiman-Nya. Dosa telah merasuki manusia, sehingga tak seorangpun yang tidak berdosa. Karena itu semua orang, tanpa kecuali, membutuhkan belas kasihan dan kemurahan hati Allah. Apakah ia terhormat dan punya banyak harta di dunia, semua itu tidak ada artinya di hadapan Tuhan. Itu tidak menjadikan kita lebih baik dan lebih suci dari yang lain.

Karena itu, marilah kita berlomba-lomba melakukan hal yang berkenan kepada Tuhan. Sebab kelak semua akan kita pertanggung-jawabkan di hadapan-Nya. Amin! (ns)

Lagu Pujian:

BE. 463:2-3 “PasupasuM Tongoson-Mu” (Tuhan, Berikanlah Berkat-Mu)

Bahasa Batak

Buat ma angka pangambat, unang songsong dalan i.
Mual ni aek hangoluan ringkot do di rohangki.
Hagogoon-Mu songgop ma tu rohangkon.
Unang sai holan manetek, gohi sandok diringkon.

Bereng ma sai hupaima, nunga rade rohangki,
Guru di Ho ma ngolungku, dohot au tinobus-Mi.
Hagogoon-Mu songgop ma tu rohangkon.
Unang sai holan manetek, gohi sandok diringkon.

Bahasa Indonesia

Jauhkan dariku penghalang, terbukalah jalanku.
B’rikanlah air kehidupan menyegarkan hatiku.
Kuat kuasa-Mu diamlah di hatiku.
Janganlah hanya menetes biar tercurah penuh.

Lihatlah aku menunggu, kusiapkan hatiku.
‘Ku berserah kepada-Mu hidupku t’lah Kau tebus.
Kuat kuasa-Mu diamlah di hatiku.
Janganlah hanya menetes biar tercurah penuh.

DOA:

Betapa kami harus hidup dalam takut akan Engkau, ya Allah, karena hari penghakiman-Mu atas semua. Amin
BACAAN PAGI: 1 Korintus 12:27-31

12:27 Kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing-masing adalah anggotanya.

12:28 Dan Allah telah menetapkan beberapa orang dalam Jemaat: pertama sebagai rasul, kedua sebagai nabi, ketiga sebagai pengajar. Selanjutnya mereka yang mendapat karunia untuk mengadakan mujizat, untuk menyembuhkan, untuk melayani, untuk memimpin, dan untuk berkata-kata dalam bahasa roh.

12:29 Adakah mereka semua rasul, atau nabi, atau pengajar? Adakah mereka semua mendapat karunia untuk mengadakan mujizat,

12:30 atau untuk menyembuhkan, atau untuk berkata-kata dalam bahasa roh, atau untuk menafsirkan bahasa roh?

12:31 Jadi berusahalah untuk memperoleh karunia-karunia yang paling utama. Dan aku menunjukkan kepadamu jalan yang lebih utama lagi.

Sumber:
Suara Injil "IKUTLAH YESUS" atas ijin dari: Pdt. Bernard T.P Siagian, MTh.
Bacaan Alkitab: Alkitab Elektronik 2.0.0 LAI dapat di download di DOWNLOAD GRATIS ALKITAB ELEKTRONIK 2.0 VERSI DESKTOP - LAPTOP
Tuhan Yesus Memberkati.
Blog: FIRMAN TUHAN HARI INI Youtube: Renungan Harian Kristen Untuk mendapatkan  Renungan Harian Kristen dalam Audio, silahkan subscribe channel kami di sini.