KUASA MUJIZAT INJIL - IA MASIH HIDUP

Kisah Para Rasul 20:10 - Tetapi Paulus turun ke bawah, Ia merebahkan diri ke atas orang muda itu, mendekapnya, dan berkata: “Jangan ribut, sebab ia masih hidup!”
KUASA MUJIZAT INJIL -  IA MASIH HIDUP

RENUNGAN HARIAN
Seorang muda, Eutikhus, terjatuh dari lantai tiga ruang pertemuan di kota Troas. Paulus memberikan pengajaran dalam pertemuan jemaat sampai larut malam. 

Eutikhus yang duduk di jendela mendengar sambil mengantuk. Akhirnya ia tertidur lelap dan jatuh dari tingkat tiga ke bawah. Semua orang sudah mengira ia mati. 

Paulus segera turun ke bawah dan ia merebahkan diri ke atas Eutikhus dan menjadi sehat kembali. Semua orang yang hadir terhibur. Acara dapat berlangsung dengan baik dan Eutikhus pun pulang ke rumah dengan baik. 

Demikianlah acapkali kejadian di luar dugaan bisa saja terjadi dalam perjalanan pemberitaan Injil yang dilakukan oleh Paulus mau pun siapa saja para hamba Tuhan, tanpa kecuali. 

Ini menjadi kesaksian bagi semua orang dalam pemberitaan Injil, membuktikan bahwa Allah senantiasa turut bekerja melakukan hal-hal yang terkadang tidak masul akal oleh dan dalam diri setiap orang percaya.

Sungguh tidak ada jaminan bagi seorang hamba Tuhan tidak akan menghadapi masalah dalam perjalanan hidup dan pelayanannya. Justru tidak mustahil sama sekali bahwa seorang pelayan Tuhan mengalami kecelakaan, kesulitan dan masalah yang sangat menyusahkan, lebih banyak daripada orang yang tidak mau peduli sama sekali dengan pekerjaan Tuhan. 

Namun yang membedakan mereka adalah seorang hamba Tuhan yang melayani umat Tuhan tidak pernah takut dan terhambat oleh segala persoalan dan kesulitan yang dihadapi. Karena ia tahu dan percaya bahwa yang ia lakukan adalah pekerjaan Tuhan dan untuk kemuliaan-Nya. 

Maka Tuhan sendiri pun tidak akan tinggal diam membiarkan hamba-Nya dalam masalah dan kesulitan yang terjadi. 

Di situlah akan terlihat bagi semua bahwa Tuhan sendiri hidup dan hadir serta berkuasa membuat segala tantangan dan kesulitan menjadi kesaksian iman. Bahkan pertumbuhan iman mau pun jumlah orang percaya akan semakin meningkat dan bertambah kualitasnya. 

Begitu pula setiap orang percaya akan senantiasa berlimpah berkat dan sukacita. Mujizat itu sungguh nyata dan Tuhan bekerja dalam diri hamba-Nya. 

Karena itu, jangan pernah berhenti apalagi mundur dalam tugas panggilan pemberitaan Injil. Tuhan Yesus hadir dan menolong setiap orang dalam setiap kesulitannya. 

Mari, “Ikutlah Yesus!” Amin!-btps-

DOA
“Berikanlah kami karunia dan sukacita untuk pekerjaan pemberitaan Injil-Mu, ya Yesus. Nyatakanlah kuasa kasih dan mujizat-Mu dalam kesulitan yang kami hadapi. Amin!”
BACAAN ALKITAB
BACAAN PAGI: Amos 9:5-15
BACAAN MALAM: Filipi 3:13 – 4:1

LAGU PUJIAN
BE. 325:2-3 “Bodari On” (‘Ku Bertelut)

BAHASA BATAK TOBA
Sonangna i mamingkir basa-Mi. Pahohom rohangki di adopan-Mu.
Pabali ma, o Tuhan Debata, sude na tau manggaori pingkiranku.

O Jesuski, hupuji goar-Mi. Dibaen tinogu-Mi au tu lambung-Mu.
Aut na tongtong burju ma rohangkon, pasauthon hata-Mi, ale Tuhanku!

BAHASA INDONESIA
Senang sungguh mengingat rahmat-Mu. Jiwaku kini bertelut pada-Mu.
Ya Allahku, jauhkan seteru yang menyesatkan hatiku, jiwaku!

Ya Yesusku, ‘ku puji nama-Mu. Kau tuntun hidupku datang pada-Mu.
Bina teguh, supaya ‘ku tekun menurut firman-Mu Tuhan, Allahku!

BACAAN PAGI:

Amos 9:5-159:5 Tuhan ALLAH semesta alamlah yang menyentuh bumi, sehingga bergoyang, dan semua penduduknya berkabung, dan seluruhnya naik seperti sungai Nil, dan surut seperti sungai Mesir;

9:6 yang mendirikan anjung-Nya di langit dan mendasarkan kubah-Nya di atas bumi; yang memanggil air laut dan mencurahkannya ke atas permukaan bumi -- TUHAN itulah nama-Nya.

9:7 "Bukankah kamu sama seperti orang Etiopia bagi-Ku, hai orang Israel?" demikianlah firman TUHAN. "Bukankah Aku telah menuntun orang Israel keluar dari tanah Mesir, orang Filistin dari Kaftor, dan orang Aram dari Kir?

9:8 Sesungguhnya, TUHAN Allah sudah mengamat-amati kerajaan yang berdosa ini: Aku akan memunahkannya dari muka bumi! Tetapi Aku tidak akan memunahkan keturunan Yakub sama sekali," demikianlah firman TUHAN.

9:9 "Sebab sesungguhnya, Aku memberi perintah, dan Aku mengiraikan kaum Israel di antara segala bangsa, seperti orang mengiraikan ayak, dan sebiji batu kecil pun tidak akan jatuh ke tanah.

9:10 Oleh pedang akan mati terbunuh semua orang berdosa di antara umat-Ku yang mengatakan: Malapetaka itu tidak akan menyusul dan tidak akan mencapai kami."

9:11 "Pada hari itu Aku akan mendirikan kembali pondok Daud yang telah roboh; Aku akan menutup pecahan dindingnya, dan akan mendirikan kembali reruntuhannya; Aku akan membangunnya kembali seperti di zaman dahulu kala,

9:12 supaya mereka menguasai sisa-sisa bangsa Edom dan segala bangsa yang Kusebut milik-Ku," demikianlah firman TUHAN yang melakukan hal ini.

9:13 "Sesungguhnya, waktu akan datang," demikianlah firman TUHAN, "bahwa pembajak akan tepat menyusul penuai dan pengirik buah anggur penabur benih; gunung-gunung akan meniriskan anggur baru dan segala bukit akan kebanjiran.

9:14 Aku akan memulihkan kembali umat-Ku Israel: mereka akan membangun kota-kota yang licin tandas dan mendiaminya; mereka akan menanami kebun-kebun anggur dan minum anggurnya; mereka akan membuat kebun-kebun buah-buahan dan makan buahnya.

9:15 Maka Aku akan menanam mereka di tanah mereka, dan mereka tidak akan dicabut lagi dari tanah yang telah Kuberikan kepada mereka," firman TUHAN, Allahmu.

BACAAN MALAM

Filipi 3:13 – 4:1
3:13 Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku,

3:14 dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus.

3:15 Karena itu marilah kita, yang sempurna, berpikir demikian. Dan jikalau lain pikiranmu tentang salah satu hal, hal itu akan dinyatakan Allah juga kepadamu.

3:16 Tetapi baiklah tingkat pengertian yang telah kita capai kita lanjutkan menurut jalan yang telah kita tempuh.

3:17 Saudara-saudara, ikutilah teladanku dan perhatikanlah mereka, yang hidup sama seperti kami yang menjadi teladanmu.

3:18 Karena, seperti yang telah kerap kali kukatakan kepadamu, dan yang kunyatakan pula sekarang sambil menangis, banyak orang yang hidup sebagai seteru salib Kristus.

3:19 Kesudahan mereka ialah kebinasaan, Tuhan mereka ialah perut mereka, kemuliaan mereka ialah aib mereka, pikiran mereka semata-mata tertuju kepada perkara duniawi.

3:20 Karena kewargaan kita adalah di dalam sorga, dan dari situ juga kita menantikan Tuhan Yesus Kristus sebagai Juruselamat,

3:21 yang akan mengubah tubuh kita yang hina ini, sehingga serupa dengan tubuh-Nya yang mulia, menurut kuasa-Nya yang dapat menaklukkan segala sesuatu kepada diri-Nya

4:1 Karena itu, saudara-saudara yang kukasihi dan yang kurindukan, sukacitaku dan mahkotaku, berdirilah juga dengan teguh dalam Tuhan, hai saudara-saudaraku yang kekasih!

Sumber:

Suara Injil "IKUTLAH YESUS"  atas ijin dari: Bapak Pdt. Bernard T.P Siagian, MTh. Blog: FIRMAN TUHAN HARI INI Youtube: Renungan Harian Kristen Untuk mendapatkan  Renungan Harian Kristen dalam Audio, silahkan subscribe channel kami di sini. 

Bacaan Alkitab: Alkitab Elektronik 2.0.0 LAI dapat di download di DOWNLOAD GRATIS ALKITAB ELEKTRONIK 2.0 VERSI DESKTOP - LAPTOP
Tuhan Yesus Memberkati.