PERADABAN DAN JANJI TUHAN - UNTUK KESELAMATAN UMAT-NYA.

Keluaran 24:4 - “Lalu Musa menuliskan segala firman TUHAN itu. Keesokan harinya pagi-pagi didirikannyalah mezbah di kaki gunung itu, dengan dua belas tugu sesuai dengan kedua belas suku Israel.”
Peradaban Dan Janji Tuhan
RENUNGAN HARIAN
Musa adalah tokoh terpenting dalam kitab Perjanjian Lama. Ia merupakan founding father yang meletakkan dasar-dasar iman dan tradisi yang menjadikan sejarah Israel sebagai sejarah keselamatan umat manusia.

Sendi utama dari keseluruhan tradisi yang telah membentuk peradaban itu adalah adanya konsep “perjanjian” antara Allah dengan umat manusia.

Atas dasar itulah umat Israel disebut sebagai umat perjanjian, sebab merekalah yang memegang teguh dan menjadikan konsep perjanjian itu menjadi pengalaman konkret.

Demikianlah setidaknya yang dapat kita telusuri peninggalan sejarah yang terdokumentasikan di dalam Alkitab. Sampai saat ini telah berlangsung sepanjang lebih dari 4000 tahun.

Inilah juga firman Tuhan yang kita warisi dan hayati dalam kekristenan yang kita anut. Musa menuliskannya menjadi dokumen abadi yang membentuk peradaban dan kehidupan umat manusia.

Wujud nyata dari peradaban kita ini dapat kita lihat menjadi renungan dalam nas kita hari ini. Musa sebagai utusan Tuhan dipakai Tuhan untuk membangun peradaban monoteis dalam mezbah persembahan kurban kepada Tuhan.

Mezbah itu tidak dapat dilepaskan dari identitas diri orang Israel dan selalu disimbolkan dalam jumlah 12 batu pembangunannya mau pun 12 tugu sesuai keduabelas suku Israel.

Hal itu juga menjadi ikatan perjanjian kekal antara Allah terhadap setiap orang Israel. Di situlah tempat bagi umat menerima berkat Tuhan yang turun dari sorga. Sehingga monumen sejarah Israel sekaligus juga mengandung janji kekal Allah untuk keselamatan umat-Nya.

Itulah yang telah dinyatakan Yesus Kristus kepada kita dan semua orang pengikut-Nya. Yesus Kristus adalah bukti dan penggenapan perjanjian Allah dengan umat manusia yang tidak lagi terbatas secara etnisitas hanya bagi keturunan biologis Abraham.

Karena itulah sepatutnya kita mensyukuri keberadaan kita di dalam Yesus Kristus yang telah menjadikan kita anak-anak Allah sebagai wujud dan penggenapan janji Tuhan Allah. Dialah Tuhan dan Juruselamat kita.

Mari, “Ikutlah Yesus!” Amin!-btps-

DOA
“Tuliskanlah firman-Mu dalam loh hatiku, ya Tuhan Yesus. Oleh curahan Roh Kudus-Mu kami telah Kau jadikan anak-anak Allah. Terpujilah Engkau, ya Bapa sorgawi. Amin!”
BACAAN ALKITAB
BACAAN PAGI: Keluaran 32:15-35
BACAAN MALAM: Yudas 1:17-25

LAGU PUJIAN
BE. 28:1-2 “Hata Ni Jahowa” (Firman Tuhan Allah)

BAHASA BATAK TOBA
Hata ni Jahowa sipadame jolma hangoluan i.
Halalas ni roha siapuli roha ni na marsak i.
Gogo ni Debatangki paluahon na porsea sian nasa jea.

Nasa tinahi-Na tagan so ditompa tano on dope.
Nang na tinuduan ni sude pelean jumpang do muse.
Sangkap ni Amana i, dipatulus Jesus Kristus, jolma i ditobus.

BAHASA INDONESIA
Firman Tuhan Allah, sumber kehidupan, damai dan senang.
Sumber sukacita dan pelipur lara, bagi yang resah.
Tuhan Mahakuasa, Jurus’lamat manusia dari kuasa dosa.

Semua rancangan-Nya sebelum dunia, diciptakan-Nya.
Makna semua kurban penebusan dosa digenapi-Nya.
Janji kes’lamatan-Nya, digenapi Kristus Tuhan, Jurus’lamat kita.

BACAAN PAGI:

Keluaran 32:15-35
32:15 Setelah itu berpalinglah Musa, lalu turun dari gunung dengan kedua loh hukum Allah dalam tangannya, loh-loh yang bertulis pada kedua sisinya; bertulis sebelah-menyebelah.

32:16 Kedua loh itu ialah pekerjaan Allah dan tulisan itu ialah tulisan Allah, ditukik pada loh-loh itu.

32:17 Ketika Yosua mendengar suara bangsa itu bersorak, berkatalah ia kepada Musa: "Ada bunyi sorak peperangan kedengaran di perkemahan."

32:18 Tetapi jawab Musa: "Bukan bunyi nyanyian kemenangan, bukan bunyi nyanyian kekalahan -- bunyi orang menyanyi berbalas-balasan, itulah yang kudengar."

32:19 Dan ketika ia dekat ke perkemahan itu dan melihat anak lembu dan melihat orang menari-nari, maka bangkitlah amarah Musa; dilemparkannyalah kedua loh itu dari tangannya dan dipecahkannya pada kaki gunung itu.

32:20 Sesudah itu diambilnyalah anak lembu yang dibuat mereka itu, dibakarnya dengan api dan digilingnya sampai halus, kemudian ditaburkannya ke atas air dan disuruhnya diminum oleh orang Israel.

32:21 Lalu berkatalah Musa kepada Harun: "Apakah yang dilakukan bangsa ini kepadamu, sehingga engkau mendatangkan dosa yang sebesar itu kepada mereka?"

32:22 Tetapi jawab Harun: "Janganlah bangkit amarah tuanku; engkau sendiri tahu, bahwa bangsa ini jahat semata-mata.

32:23 Mereka berkata kepadaku: Buatlah untuk kami allah, yang akan berjalan di depan kami sebab Musa ini, orang yang telah memimpin kami keluar dari tanah Mesir -- kami tidak tahu apa yang telah terjadi dengan dia.

32:24 Lalu aku berkata kepada mereka: Siapa yang empunya emas haruslah menanggalkannya. Mereka memberikannya kepadaku dan aku melemparkannya ke dalam api, dan keluarlah anak lembu ini."

32:25 Ketika Musa melihat, bahwa bangsa itu seperti kuda terlepas dari kandang -- sebab Harun telah melepaskannya, sampai menjadi buah cemooh bagi lawan mereka --

32:26 maka berdirilah Musa di pintu gerbang perkemahan itu serta berkata: "Siapa yang memihak kepada TUHAN datanglah kepadaku!" Lalu berkumpullah kepadanya seluruh bani Lewi.

32:27 Berkatalah ia kepada mereka: "Beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Baiklah kamu masing-masing mengikatkan pedangnya pada pinggangnya dan berjalanlah kian ke mari melalui perkemahan itu dari pintu gerbang ke pintu gerbang, dan biarlah masing-masing membunuh saudaranya dan temannya dan tetangganya."

32:28 Bani Lewi melakukan seperti yang dikatakan Musa dan pada hari itu tewaslah kira-kira tiga ribu orang dari bangsa itu.

32:29 Kemudian berkatalah Musa: "Baktikanlah dirimu mulai hari ini kepada TUHAN, masing-masing dengan membayarkan jiwa anaknya laki-laki dan saudaranya -- yakni supaya kamu diberi berkat pada hari ini."

32:30 Keesokan harinya berkatalah Musa kepada bangsa itu: "Kamu ini telah berbuat dosa besar, tetapi sekarang aku akan naik menghadap TUHAN, mungkin aku akan dapat mengadakan pendamaian karena dosamu itu."

32:31 Lalu kembalilah Musa menghadap TUHAN dan berkata: "Ah, bangsa ini telah berbuat dosa besar, sebab mereka telah membuat allah emas bagi mereka.

32:32 Tetapi sekarang, kiranya Engkau mengampuni dosa mereka itu -- dan jika tidak, hapuskanlah kiranya namaku dari dalam kitab yang telah Kautulis."

32:33 Tetapi TUHAN berfirman kepada Musa: "Siapa yang berdosa kepada-Ku, nama orang itulah yang akan Kuhapuskan dari dalam kitab-Ku.

32:34 Tetapi pergilah sekarang, tuntunlah bangsa itu ke tempat yang telah Kusebutkan kepadamu; akan berjalan malaikat-Ku di depanmu, tetapi pada hari pembalasan-Ku itu Aku akan membalaskan dosa mereka kepada mereka."

32:35 Demikianlah TUHAN menulahi bangsa itu, karena mereka telah menyuruh membuat anak lembu buatan Harun itu.

BACAAN MALAM

Yudas 1:17-25
1:17 Tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, ingatlah akan apa yang dahulu telah dikatakan kepada kamu oleh rasul-rasul Tuhan kita, Yesus Kristus.

1:18 Sebab mereka telah mengatakan kepada kamu: "Menjelang akhir zaman akan tampil pengejek-pengejek yang akan hidup menuruti hawa nafsu kefasikan mereka."

1:19 Mereka adalah pemecah belah yang dikuasai hanya oleh keinginan-keinginan dunia ini dan yang hidup tanpa Roh Kudus.

1:20 Akan tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, bangunlah dirimu sendiri di atas dasar imanmu yang paling suci dan berdoalah dalam Roh Kudus.

1:21 Peliharalah dirimu demikian dalam kasih Allah sambil menantikan rahmat Tuhan kita, Yesus Kristus, untuk hidup yang kekal.

1:22 Tunjukkanlah belas kasihan kepada mereka yang ragu-ragu,

1:23 selamatkanlah mereka dengan jalan merampas mereka dari api. Tetapi tunjukkanlah belas kasihan yang disertai ketakutan kepada orang-orang lain juga, dan bencilah pakaian mereka yang dicemarkan oleh keinginan-keinginan dosa.

1:24 Bagi Dia, yang berkuasa menjaga supaya jangan kamu tersandung dan yang membawa kamu dengan tak bernoda dan penuh kegembiraan di hadapan kemuliaan-Nya,

1:25 Allah yang esa, Juruselamat kita oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, bagi Dia adalah kemuliaan, kebesaran, kekuatan dan kuasa sebelum segala abad dan sekarang dan sampai selama-lamanya. Amin.

Sumber:

Suara Injil "IKUTLAH YESUS"  atas ijin dari: Bapak Pdt. Bernard T.P Siagian, MTh. Blog: FIRMAN TUHAN HARI INI Youtube: Renungan Harian Kristen Untuk mendapatkan  Renungan Harian Kristen dalam Audio, silahkan subscribe channel kami di sini. 

Bacaan Alkitab: Alkitab Elektronik 2.0.0 LAI dapat di download di DOWNLOAD GRATIS ALKITAB ELEKTRONIK 2.0 VERSI DESKTOP - LAPTOP
Tuhan Yesus Memberkati.