JANGAN MENGHAKIMI - HARUS MENGASIHI DAN MENGAMPUNI


Matius 7:1 "Jangan kamu menghakimi, supaya kamu tidak dihakimi.”
Jangan kamu menghakimi, supaya kamu tidak dihakimi
RENUNGAN HARIAN
Semua manusia telah berdosa. Karena itu, salah merupakan sifat dasar semua orang. Atas dasar itu sesungguhnya tak seorang pun yang dapat terhindar dari hukuman. 

Tanpa pandang bulu manusia di hadapan mata Allah adalah satu-satunya makhluk yang menjadi obyek sasaran belas kasihan dan pengampunan Tuhan. Tanpa pengasihan dan kemurahan Tuhan Allah, manusia itu binasa. 

Demikianlah mulai berlaku sejak Adam dan Hawa, yakni manusia pertama yang diciptakan Allah. Inilah alasan mengapa Yesus mengatakan nasihat atau larangan bahkan perintah sebagaimana nas kita hari ini. 

Bahwa penghakiman adalah hak Tuhan. Manusia tidak memiliki hak untuk menghakimi sesamanya. Namun jika pun ada lembaga manusia, seperti negara dan raja atau para hakim, mereka hanya atas nama Tuhan. 

Mereka itu tidak sembarang manusia. Karena itulah mereka harus disumpah dalam tugas jabatan yang diterima, dan melakukan keputusan harus berdasarkan hukum. Bila tidak demikian, mereka sendiri pun akan dihukum oleh Tuhan.

Demikianlah dasar pemahaman kita tentang menghakimi, supaya kita tidak dihakimi. 

Yang pasti, Tuhan akan menghakimi semua orang, tanpa kecuali. Tidak seorang pun yang dapat melarikan diri dari tuntutan penghukuman Tuhan, baik ketika hidup di dunia ini mau pun kelak di akhirat. 

Justru itulah yang kita yakini dan dikatakan dalam firman Tuhan sebagaimana nubuat para nabi, bahwa Yesus adalah Tuhan. Ia datang ke dunia bukan untuk menghakimi manusia, melainkan untuk menyelamatkannya. 

Penghakiman yang adalah hak Tuhan Allah dilakukan oleh Yesus karena Dia adalah Tuhan. Namun hukuman yang seharusnya dijatuhkan kepada setiap orang justru ditimpakan kepada diri-Nya sendiri, bukan kepada manusia yang bersalah. 

Maka di situlah pengampunan itu menjadi nyata dan tidak lagi dapat disangkal oleh dunia ini. Barangsiapa yang menyangkal dan tidak mau menerima Yesus, maka pengampunan tidak akan ada lagi. 

Sebaliknya bagi orang yang telah diampuni Allah dosa dan kesalahannya, Yesus mengajarkan supaya jangan lagi saling menghakimi. Maukah kita bebas dari hukuman dan penghakiman Allah? 

Terima dan “Ikutlah Yesus!” Amin! - btps-

DOA
“Terpujilah Engkau, ya Yesus Kristus, Tuhan dan Allah kami, yang telah mengampuni dosa dan kesalahan kami. Ajar kami mengasihi dan mengampuni sesama kami seperti Engkau sendiri. Amin!”
BACAAN ALKITAB
BACAAN PAGI: Mazmur 105:1-6
BACAAN MALAM: 2 Korintus 13:1-4

LAGU PUJIAN
BE. 292:4-5 “Girgir Ma Hamu” (Sejak Yesusku)

BAHASA BATAK TOBA
Patar arsakki peak di joloM, tu ginjang ma au mangido gogoM.
Ndang tuk ndang tau jolma haporusan i, sai holan arsakku dipajojor i.

O Jesus, tu Ho marsomba au on, sude ma di Ho hulehon au on.
So olo be sirang naung domu tu Ho. Martua nang sonang, na ro i tu Ho.

BAHASA INDONESIA
Kau tahu, Tuhan, kesusahanku? ‘Ku mohon, Tuhan, pertolongan-Mu.
Tak ada manusia yang menolongku, selain menambah duka laraku.

Yesus Tuhanku, Engkau ‘ku sembah. Seg’nap diriku milik-Mu jua.
‘Ku tidak mau jauh dari-Mu, Tuhan; semua berbahagia di Surga baka.

BACAAN PAGI:

Mazmur 105:1-6
105:1 Bersyukurlah kepada TUHAN, serukanlah nama-Nya, perkenalkanlah perbuatan-Nya di antara bangsa-bangsa!

105:2 Bernyanyilah bagi-Nya, bermazmurlah bagi-Nya, percakapkanlah segala perbuatan-Nya yang ajaib!

105:3 Bermegahlah di dalam nama-Nya yang kudus, biarlah bersukahati orang-orang yang mencari TUHAN!

105:4 Carilah TUHAN dan kekuatan-Nya, carilah wajah-Nya selalu!

105:5 Ingatlah perbuatan-perbuatan ajaib yang dilakukan-Nya, mujizat-mujizat-Nya dan penghukuman-penghukuman yang diucapkan-Nya,

105:6 hai anak cucu Abraham, hamba-Nya, hai anak-anak Yakub, orang-orang pilihan-Nya!

BACAAN MALAM

2 Korintus 13:1-4
13:1 Ini adalah untuk ketiga kalinya aku datang kepada kamu: Baru dengan keterangan dua atau tiga orang saksi suatu perkara sah.

13:2 Kepada mereka, yang di masa yang lampau berbuat dosa, dan kepada semua orang lain, telah kukatakan terlebih dahulu dan aku akan mengatakannya sekali lagi -- sekarang pada waktu aku berjauhan dengan kamu tepat seperti pada waktu kedatanganku kedua kalinya -- bahwa aku tidak akan menyayangkan mereka pada waktu aku datang lagi.

13:3 Karena kamu ingin suatu bukti, bahwa Kristus berkata-kata dengan perantaraan aku, dan Ia tidak lemah terhadap kamu, melainkan berkuasa di tengah-tengah kamu.

13:4 Karena sekalipun Ia telah disalibkan oleh karena kelemahan, namun Ia hidup karena kuasa Allah. Memang kami adalah lemah di dalam Dia, tetapi kami akan hidup bersama-sama dengan Dia untuk kamu karena kuasa Allah.

Sumber:
Suara Injil "IKUTLAH YESUS" atas ijin dari: Pdt. Bernard T.P Siagian, MTh.
Bacaan Alkitab: Alkitab Elektronik 2.0.0 LAI dapat di download di DOWNLOAD GRATIS ALKITAB ELEKTRONIK 2.0 VERSI DESKTOP - LAPTOP
Tuhan Yesus Memberkati.
Blog: FIRMAN TUHAN HARI INI Youtube: Renungan Harian Kristen Untuk mendapatkan  Renungan Harian Kristen dalam Audio, silahkan subscribe channel kami di sini.