PEMIMPIN YANG MENGHAMBA BUKAN DIPERHAMBA

Seorang pemimpin yang menghamba adalah pertama-tama bertindak sebagai seorang hamba. Hal ini dimulai dengan perasaan yang alamiah bahwa ia ingin melayani, melayani sebagai hal yang terutama.
Kepemimpinan Yang Menghamba
RENUNGAN HARIAN
Yesus baru saja memberitahukan kepada para murid tentang perjalanan-Nya ke Yerusalem. Bahwa Dia akan diserahkan kepada para imam dan ahli-ahli Taurat dan akan dijatuhi hukuman mati. 

Entah apa yang ada dalam benak mereka saat mendengarkan perkataan Yesus, tiba-tiba saja Yakobus dan Yohanes datang mendekat kepada Yesus dan mengajukan permintaan agar mereka diberikan kedudukan dalam kemuliaan-Nya kelak. 

Yesus menegur mereka dengan mengatakan bahwa mereka tidak mengerti apa yang mereka minta. Tetapi mereka justru membantah Yesus. Akhirnya Yesus mengaku bahwa bukan Dia yang menentukan soal kedudukan seseorang. 

Akibatnya lagi kesepuluh murid lainnya menjadi marah kepada mereka berdua.
Demikianlah akhirnya Yesus memberikan wejangan tentang kuasa dan kedudukan yang sering disalahgunakan seseorang. Sesungguhnya hal itu tidak layak terjadi di antara mereka. Sebaliknya supaya mereka rela menjadi hamba untuk melayani semua. Sebab Yesus sendiri pun juga demikian.

Soal ambisi jabatan dan kekuasaan senantiasa menjadi sumber masalah di tengah-tengah kehidupan bersama, tidak terkecuali di dalam gereja. Padahal Yesus sendiri telah memberikan keteladanan dalam pelayanan bahkan dengan memberikan nyawa-Nya bagi kita, gereja-Nya. 

Namun kenyataannya tidak ada bedanya orientasi dan motivasi hidup kita, baik yang berkecimpung dalam bidang kerohanian mau pun bidang kehidupan lainnya. Inilah yang menjadi sumber konflik yang menciptakan krisis dalam kehidupan kita sehari-hari, juga di gereja. 

Kepemimpinan menjadi rebutan dan kedudukan telah menjadi status dan prestise. Bukan lagi untuk melayani, sebaliknya memuaskan nafsu berkuasa. Walau tanpa prestasi apa pun, semua orang berlomba-lomba untuk menduduki jabatan. Akibatnya gereja pun menjadi ajang perebutan pengaruh dan pasar transaksi jual-beli segala kepentingan duniawi. 

Entah bagaimana kita mendengarkan firman Tuhan ini bahkan bila kita sendiri mengkhotbahkannya di atas mimbar gereja. Tafsiran dan ucapan kita bisa saja membuat jemaat berdecak kagum. Seolah semua menjadi sah dan benar bahkan sudah seharusnya. 

Padahal apa yang rohani tidak sepatutnya diperlakukan sama dan sembarangan. Inilah yang harus kita sadari, agar tidak mengecewakan dan mendukakan hati Yesus. Dialah Raja kita. 

Mari, “Ikutlah Yesus!” Amin! -btps-
DOA
“Ya Tuhan Yesus, berikanlah kami Roh Kudus agar dapat merendahkan diri dengan sungguh dan sepenuh hati melayani-Mu dengan kedudukan dan jabatan dalam gereja-Mu. Amin!”
BACAAN ALKITAB
EVANGELIUM: Markus 10:35-45
EPISTEL: Keluaran 18:17-23

LAGU PUJIAN
BE. 256:1-2 “Jesus Kristus I Do Raja” (Yesus Kristus Dia Raja)

BAHASA BATAK TOBA
Jesus Kristus i do Raja, pinabangkit ni Ama-Na, (manggomgomi sasude. 2x)
Jala nasa hajolmaon, tu Ibana do mar-Tuhan, (parhatopotonna be. 2x)

Angka surusuruan-Na humaliang habangsa-Na (pasangaphon Raja i. 2x)
Na di ginjang marhuaso harajaon na di tano (mangoloi patik-Na i. 2x)

BAHASA INDONESIA
Yesus Kristus, Dia Raja, dinobatkan Allah Bapa (Raja alam semesta. 2x)
Semua umat manusia ‘kan mengaku Yesus Tuhan (akan sujud menyembah. 2x)

Para malaikat di Surga, di sekitar tahta Tuhan (memuliakan nama-Nya. 2x)
Dan segala penguasa yang di Surga dan di dunia (melakukan p’rintah-Nya. 2x).

EVANGELIUM
Markus 10:35-45 
10:35 Lalu Yakobus dan Yohanes, anak-anak Zebedeus, mendekati Yesus dan berkata kepada-Nya: "Guru, kami harap supaya Engkau kiranya mengabulkan suatu permintaan kami!"

10:36 Jawab-Nya kepada mereka: "Apa yang kamu kehendaki Aku perbuat bagimu?"

10:37 Lalu kata mereka: "Perkenankanlah kami duduk dalam kemuliaan-Mu kelak, yang seorang lagi di sebelah kanan-Mu dan yang seorang di sebelah kiri-Mu."

10:38 Tetapi kata Yesus kepada mereka: "Kamu tidak tahu apa yang kamu minta. Dapatkah kamu meminum cawan yang harus Kuminum dan dibaptis dengan baptisan yang harus Kuterima?"

10:39 Jawab mereka: "Kami dapat." Yesus berkata kepada mereka: "Memang, kamu akan meminum cawan yang harus Kuminum dan akan dibaptis dengan baptisan yang harus Kuterima.

10:40 Tetapi hal duduk di sebelah kanan-Ku atau di sebelah kiri-Ku, Aku tidak berhak memberikannya. Itu akan diberikan kepada orang-orang bagi siapa itu telah disediakan."

10:41 Mendengar itu kesepuluh murid yang lain menjadi marah kepada Yakobus dan Yohanes.

10:42 Tetapi Yesus memanggil mereka lalu berkata: "Kamu tahu, bahwa mereka yang disebut pemerintah bangsa-bangsa memerintah rakyatnya dengan tangan besi, dan pembesar-pembesarnya menjalankan kuasanya dengan keras atas mereka.

10:43 Tidaklah demikian di antara kamu. Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu,

10:44 dan barangsiapa ingin menjadi yang terkemuka di antara kamu, hendaklah ia menjadi hamba untuk semuanya.

10:45 Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang."

EPISTEL: 

Keluaran 18:17-23
18:17 Tetapi mertua Musa menjawabnya: "Tidak baik seperti yang kaulakukan itu.

18:18 Engkau akan menjadi sangat lelah, baik engkau baik bangsa yang beserta engkau ini; sebab pekerjaan ini terlalu berat bagimu, takkan sanggup engkau melakukannya seorang diri saja.

18:19 Jadi sekarang dengarkanlah perkataanku, aku akan memberi nasihat kepadamu dan Allah akan menyertai engkau. Adapun engkau, wakililah bangsa itu di hadapan Allah dan kauhadapkanlah perkara-perkara mereka kepada Allah.

18:20 Kemudian haruslah engkau mengajarkan kepada mereka ketetapan-ketetapan dan keputusan-keputusan, dan memberitahukan kepada mereka jalan yang harus dijalani, dan pekerjaan yang harus dilakukan.

18:21 Di samping itu kaucarilah dari seluruh bangsa itu orang-orang yang cakap dan takut akan Allah, orang-orang yang dapat dipercaya, dan yang benci kepada pengejaran suap; tempatkanlah mereka di antara bangsa itu menjadi pemimpin seribu orang, pemimpin seratus orang, pemimpin lima puluh orang dan pemimpin sepuluh orang.

18:22 Dan sewaktu-waktu mereka harus mengadili di antara bangsa; maka segala perkara yang besar haruslah dihadapkan mereka kepadamu, tetapi segala perkara yang kecil diadili mereka sendiri; dengan demikian mereka meringankan pekerjaanmu, dan mereka bersama-sama dengan engkau turut menanggungnya.

18:23 Jika engkau berbuat demikian dan Allah memerintahkan hal itu kepadamu, maka engkau akan sanggup menahannya, dan seluruh bangsa ini akan pulang dengan puas senang ke tempatnya.

Sumber:

Suara Injil "IKUTLAH YESUS"  atas ijin dari: Bapak Pdt. Bernard T.P Siagian, MTh. Blog: FIRMAN TUHAN HARI INI Youtube: Renungan Harian Kristen Untuk mendapatkan  Renungan Harian Kristen dalam Audio, silahkan subscribe channel kami di sini. 

Bacaan Alkitab: Alkitab Elektronik 2.0.0 LAI dapat di download di DOWNLOAD GRATIS ALKITAB ELEKTRONIK 2.0 VERSI DESKTOP - LAPTOP
Tuhan Yesus Memberkati.