TAAT KEPADA PEMERINTAH

Roma 13:1 “Tiap-tiap orang harus takluk kepada pemerintah yang di atasnya, sebab tidak ada pemerintah, yang tidak berasal dari Allah; dan pemerintah-pemerintah yang ada, ditetapkan oleh Allah.”
TAAT KEPADA PEMERINTAH
RENUNGAN HARIAN

Kekristenan sering dicurigai bahkan dituduh sebagai kaum pemberontak karena pola hidup serta ritual yang dianggap misterius.

Kita meyakini Yesus yang mati disalibkan oleh orang-orang Yahudi sebagai Tuhan. Praktek Perjamuan Kudus yang kita lakukan dicurigai sebagai meminum darah manusia. Peribadahan kita yang selalu dengan nyanyian, walau dalam keadaan duka dan kesedihan, menjadi sesuatu keanehan.

Apalagi ikatan emosional yang begitu kuat antar pribadi yang cenderung fanatik dalam satu komunitas jemaat secara permanen (esoteris) membuat orang lain sulit memahami apalagi masuk ke dalamnya.

Demikianlah pandangan orang luar terhadap orang Kristen. Menyadari hal tersebut, rasul Paulus yang semula juga adalah seorang yang gigih membasmi kekristenan, menasihatkan sebagaimana nas kita hari ini.

Itulah tantangan gereja sepanjang jaman. Kita harus menyadari hal ini untuk dapat melakukan tugas panggilan kita di dunia sebagaimana pesan amanat agung Yesus Kristus, menjadikan semua bangsa murid Yesus.

(Mat 28:20) Jangan heran jika dunia membenci kekristenan. Kecurigaan yang menghantui orang di luar kekristenan, apalagi bila secara militan kita menghayati iman sebagaimana mestinya. Selalu saja ada tudingan negatif, bahkan ditakuti adanya gerakan kristenisasi.

Berbagai tudingan dan kecurigaan itu terjawab oleh nasihat rasul Paulus nas kita hari ini. Kita harus taat sepenuhnya, karena itu adalah perintah Tuhan. Alasan ketaatan kepada Pemerintah bukanlah karena takut akan penindasan dan ketidak-adilan yang bisa saja dilakukan pihak pemerintah terhadap kita.

Atau sebaliknya, karena kita tidak berani bersuara kenabian mengritik pemerintah. Tetapi terutama karena pemerintah adalah hamba Tuhan yang ditetapkan sendiri oleh Tuhan. Itulah ajaran kekristenan yang unik bahkan sulit dipahami oleh pihak lain.

Karena itu, orang Kristen tidak patut memberontak terhadap pemerintahan yang sah. Ini sejajar pula dengan ajaran Yesus, yang mengatakan: “Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah.” (Mat 22:21)

Karena itu, kita harus tunduk dan taat kepada pemerintah, semata-mata karena Tuhan Yesus. Mari, “Ikutlah Yesus!” Amin!- btps-

DOA
“Perlengkapilah gereja-Mu dengan kuasa roh dan hikmat sorgawi untuk menyuarakan kebenaran dan taat sepenuhnya kepada pemerintah karena Engkau, ya Yesus. Amin!”
BACAAN ALKITAB
BACAAN PAGI: Ulangan 31:14-22
BACAAN MALAM: Titus 1:5-16

LAGU PUJIAN
BE. 487:1+3 “Tung Halak Na Margogo” (Tekun Di Dalam Doa)

BAHASA BATAK TOBA
Tung halak na margogo, si partangiang i.
Dokdok pe sitaonon, ndang olo talu i.
Pos situtu rohana di Debatana i.
Tuhan na manaluhon, sude pangalo i.

Imbaru pangkirimon nang hagogoon i.
Margogo, marsahala do partangiang i.
Togu muse langkana lao marjamita i.
Ai Kristus do donganna di ulaonna i.

BAHASA INDONESIA
Tekun di dalam doa, besar kuasanya.
Walau berat cobaan, tak pernah menyerah.
Penuh kepercayaan kepada Tuhan-Nya.
Tuhan yang menaklukkan semua musuh-Nya.

Dengan harapan baru yang kuat dan teguh,
Doanya memb’ri hikmat, kuasanya pun besar.
Dengan kokoh melangkah, bersaksi bagi-Nya.
Tuhanlah besertanya melaksanakannya.

BACAAN PAGI:

Ulangan 31:14-22
31:14 Kemudian berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Sesungguhnya sudah dekat waktunya bahwa engkau akan mati; maka panggillah Yosua dan berdirilah bersama-sama dengan dia dalam Kemah Pertemuan, supaya Aku memberi perintah kepadanya." Lalu pergilah Musa dan Yosua berdiri dalam Kemah Pertemuan.

31:15 Dan TUHAN menampakkan diri di kemah itu dalam tiang awan, dan tiang awan itu berdiri pada pintu kemah.

31:16 TUHAN berfirman kepada Musa: "Ketahuilah, engkau akan mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangmu dan bangsa ini akan bangkit dan berzinah dengan mengikuti allah asing yang ada di negeri, ke mana mereka akan masuk; mereka akan meninggalkan Aku dan mengingkari perjanjian-Ku yang Kuikat dengan mereka.

31:17 Pada waktu itu murka-Ku akan bernyala-nyala terhadap mereka, Aku akan meninggalkan mereka dan menyembunyikan wajah-Ku terhadap mereka, sehingga mereka termakan habis dan banyak kali ditimpa malapetaka serta kesusahan. Maka pada waktu itu mereka akan berkata: Bukankah malapetaka itu menimpa kita, oleh sebab Allah kita tidak ada di tengah-tengah kita?

31:18 Tetapi Aku akan menyembunyikan wajah-Ku sama sekali pada waktu itu, karena segala kejahatan yang telah dilakukan mereka: yakni mereka telah berpaling kepada allah lain.

31:19 Oleh sebab itu tuliskanlah nyanyian ini dan ajarkanlah kepada orang Israel, letakkanlah di dalam mulut mereka, supaya nyanyian ini menjadi saksi bagi-Ku terhadap orang Israel.

31:20 Sebab Aku akan membawa mereka ke tanah yang Kujanjikan dengan sumpah kepada nenek moyang mereka, yakni tanah yang berlimpah-limpah susu dan madunya; mereka akan makan dan kenyang dan menjadi gemuk, tetapi mereka akan berpaling kepada allah lain dan beribadah kepadanya. Aku ini akan dinista mereka dan perjanjian-Ku akan diingkari mereka.

31:21 Maka apabila banyak kali mereka ditimpa malapetaka serta kesusahan, maka nyanyian ini akan menjadi kesaksian terhadap mereka, sebab nyanyian ini akan tetap melekat pada bibir keturunan mereka. Sebab Aku tahu niat yang dikandung mereka pada hari ini, sebelum Aku membawa mereka ke negeri yang Kujanjikan dengan sumpah kepada mereka."

31:22 Maka Musa menuliskan nyanyian ini dan mengajarkannya kepada orang Israel.

BACAAN MALAM

Titus 1:5-16
1:5 Aku telah meninggalkan engkau di Kreta dengan maksud ini, supaya engkau mengatur apa yang masih perlu diatur dan supaya engkau menetapkan penatua-penatua di setiap kota, seperti yang telah kupesankan kepadamu,

1:6 yakni orang-orang yang tak bercacat, yang mempunyai hanya satu isteri, yang anak-anaknya hidup beriman dan tidak dapat dituduh karena hidup tidak senonoh atau hidup tidak tertib.

1:7 Sebab sebagai pengatur rumah Allah seorang penilik jemaat harus tidak bercacat, tidak angkuh, bukan pemberang, bukan peminum, bukan pemarah, tidak serakah,

1:8 melainkan suka memberi tumpangan, suka akan yang baik, bijaksana, adil, saleh, dapat menguasai diri

1:9 dan berpegang kepada perkataan yang benar, yang sesuai dengan ajaran yang sehat, supaya ia sanggup menasihati orang berdasarkan ajaran itu dan sanggup meyakinkan penentang-penentangnya.

1:10 Karena sudah banyak orang hidup tidak tertib, terutama di antara mereka yang berpegang pada hukum sunat. Dengan omongan yang sia-sia mereka menyesatkan pikiran.

1:11 Orang-orang semacam itu harus ditutup mulutnya, karena mereka mengacau banyak keluarga dengan mengajarkan yang tidak-tidak untuk mendapat untung yang memalukan.

1:12 Seorang dari kalangan mereka, nabi mereka sendiri, pernah berkata: "Dasar orang Kreta pembohong, binatang buas, pelahap yang malas."

1:13 Kesaksian itu benar. Karena itu tegorlah mereka dengan tegas supaya mereka menjadi sehat dalam iman,

1:14 dan tidak lagi mengindahkan dongeng-dongeng Yahudi dan hukum-hukum manusia yang berpaling dari kebenaran.

1:15 Bagi orang suci semuanya suci; tetapi bagi orang najis dan bagi orang tidak beriman suatu pun tidak ada yang suci, karena baik akal maupun suara hati mereka najis.

1:16 Mereka mengaku mengenal Allah, tetapi dengan perbuatan mereka, mereka menyangkal Dia. Mereka keji dan durhaka dan tidak sanggup berbuat sesuatu yang baik.

Sumber:
Suara Injil "IKUTLAH YESUS" atas ijin dari: Pdt. Bernard T.P Siagian, MTh.
Bacaan Alkitab: Alkitab Elektronik 2.0.0 LAI dapat di download di DOWNLOAD GRATIS ALKITAB ELEKTRONIK 2.0 VERSI DESKTOP - LAPTOP
Tuhan Yesus Memberkati.

Blog: FIRMAN TUHAN HARI INI Youtube: Renungan Harian Kristen Untuk mendapatkan  Renungan Harian Kristen dalam Audio, silahkan subscribe channel kami di sini.