TEGUH BERPEGANG PADA KEPERCAYAAN DAN PENGHARAPAN

Ibrani 3:6 “Tetapi Kristus setia sebagai Anak yang mengepalai rumah-Nya; dan rumah-Nya ialah kita, jika kita sampai kepada akhirnya teguh berpegang pada kepercayaan dan pengharapan yang kita megahkan.”
Mengimani dan menaati Yesus
RENUNGAN HARIAN

Umat Kristen Yahudi Mula-mula mendapat tekanan dari sesamanya sebangsa. 

Sebagian mereka meninggalkan Yesus dan kembali kepada kepercayaan agama Yahudi yang mementingkan pelaksanaan ritual dan moral Hukum Taurat. 

Karena itu penulis surat Ibrani mengirim tulisan ini untuk meneguhkan kesetiaan mereka kepada Yesus. 

Ia menempatkan status Musa sebagai pelayan dan Yesus sebagai Anak. Sebagai hamba Tuhan yang terbesar dalam Perjanjian Lama, Musa dipakai Allah menyampaikan Hukum Taurat dan Allah membimbing umat-Nya masuk ke dalam persekutuan dan ibadah yang intim dengan-Nya. 

Namun Musa adalah manusia biasa yang terbatas dan berdosa. Karena itu, ia hanyalah pelayan yang setia yang melayani Tuhan Yesus sebagaimana seorang pelayan rumah melayani Anak, Pemilik rumah itu.


Yesus adalah Rasul yang diutus Allah membimbing umat-Nya ke dalam persekutuan intim dengan-Nya. 

Yesus sendiri adalah Imam Besar yang menjadi Pengantara Agung umat kepada Allah. Dua jabatan besar itu memperlihatkan dan menjelaskan kepada umat Kristen Yahudi kebesaran Yesus dibandingkan Musa. 

Yesus juga digambarkan sebagai ahli bangunan yang membangun umat menjadi rumah Allah. Yesus sendiri adalah Anak Allah yang diutus Allah untuk mengepalai rumah Allah. 

Demikianlah penjelasan penulis kitab Ibrani tentang Yesus dan Musa.

Bagi kita umat Tuhan masa kini, hal ini semakin meneguhkan keyakinan kita akan kesatuan Alkitab, Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. 

Juga semakin memantapkan iman kita untuk hanya tertuju pada Yesus sebagai Anak Allah. Janganlah kiranya kita hanya mementingkan ritual dan ajaran moral kristiani, namun tidak sepenuhnya mengimani dan menaati Yesus, Sang Anak Allah. 

Mari, “Ikutlah Yesus!” Amin!- btps-

DOA
“Teguhkanlah iman kami mengatasi godaan dan tantangan zaman yang hendak menjauhkan kami dari-Mu, ya Yesus; agar kami tetap mengimani dan menaati-Mu sepenuh hati. Amin!”
BACAAN ALKITAB
BACAAN PAGI: Ulangan 32:1-14
BACAAN MALAM: Titus 2:7-15

LAGU PUJIAN
BE. 709:1+3 “Jesus Mangasii Au” (Yesus Mengasihiku)

BAHASA BATAK TOBA
Jesus mangasii au, Bibel i mandok tu au.
Nang gale, metmet pe au, tong do nampu-Na na au.
Jesus, Tuhanku, nampuna ahu.
Sai pos rohangku, Bibel mandok tu au.

Jesus mangasii au, nang di na marsahit au.
Sai tongtong dijaga au, diparmudu-mudu au.
Jesus, Tuhanku, nampuna ahu.
Sai pos rohangku, Bibel mandok tu au.

BAHASA INDONESIA
Yesus mengasihiku, Alkitab mengajarku.
Meski ‘ku kecil lemah tapi aku milik-Nya.
Yesus Tuhanku, sayang padaku.
Aku milik-Nya menurut Alkitab.

Yesus mengasihiku, waktu sakit tubuhku.
Aku ditemani-Nya serta dilindungi-Nya.
Yesus Tuhanku, sayang padaku.
Aku milik-Nya menurut Alkitab.

BACAAN PAGI:

Ulangan 32:1-14
32:1 "Pasanglah telingamu, hai langit, aku mau berbicara, dan baiklah bumi mendengarkan ucapan mulutku.

32:2 Mudah-mudahan pengajaranku menitik laksana hujan, perkataanku menetes laksana embun, laksana hujan renai ke atas tunas muda, dan laksana dirus hujan ke atas tumbuh-tumbuhan.

32:3 Sebab nama TUHAN akan kuserukan: Berilah hormat kepada Allah kita,

32:4 Gunung Batu, yang pekerjaan-Nya sempurna, karena segala jalan-Nya adil, Allah yang setia, dengan tiada kecurangan, adil dan benar Dia.

32:5 Berlaku busuk terhadap Dia, mereka yang bukan lagi anak-anak-Nya, yang merupakan noda, suatu angkatan yang bengkok dan belat-belit.

32:6 Demikianlah engkau mengadakan pembalasan terhadap TUHAN, hai bangsa yang bebal dan tidak bijaksana? Bukankah Ia Bapamu yang mencipta engkau, yang menjadikan dan menegakkan engkau?

32:7 Ingatlah kepada zaman dahulu kala, perhatikanlah tahun-tahun keturunan yang lalu, tanyakanlah kepada ayahmu, maka ia memberitahukannya kepadamu, kepada para tua-tuamu, maka mereka mengatakannya kepadamu.

32:8 Ketika Sang Mahatinggi membagi-bagikan milik pusaka kepada bangsa-bangsa, ketika Ia memisah-misah anak-anak manusia, maka Ia menetapkan wilayah bangsa-bangsa menurut bilangan anak-anak Israel.

32:9 Tetapi bagian TUHAN ialah umat-Nya, Yakub ialah milik yang ditetapkan bagi-Nya.

32:10 Didapati-Nya dia di suatu negeri, di padang gurun, di tengah-tengah ketandusan dan auman padang belantara. Dikelilingi-Nya dia dan diawasi-Nya, dijaga-Nya sebagai biji mata-Nya.

32:11 Laksana rajawali menggoyangbangkitkan isi sarangnya, melayang-layang di atas anak-anaknya, mengembangkan sayapnya, menampung seekor, dan mendukungnya di atas kepaknya,

32:12 demikianlah TUHAN sendiri menuntun dia, dan tidak ada allah asing menyertai dia.

32:13 Dibuat-Nya dia berkendaraan mengatasi bukit-bukit di bumi, dan memakan hasil dari ladang; dibuat-Nya dia mengisap madu dari bukit batu, dan minyak dari gunung batu yang keras,

32:14 dadih dari lembu sapi dan susu kambing domba, dengan lemak anak-anak domba; dan domba-domba jantan dari Basan dan kambing-kambing jantan, dengan gandum yang terbaik; juga darah buah anggur yang berbuih engkau minum.

BACAAN MALAM

Titus 2:7-15
2:7 dan jadikanlah dirimu sendiri suatu teladan dalam berbuat baik. Hendaklah engkau jujur dan bersungguh-sungguh dalam pengajaranmu,

2:8 sehat dan tidak bercela dalam pemberitaanmu sehingga lawan menjadi malu, karena tidak ada hal-hal buruk yang dapat mereka sebarkan tentang kita.

2:9 Hamba-hamba hendaklah taat kepada tuannya dalam segala hal dan berkenan kepada mereka, jangan membantah,

2:10 jangan curang, tetapi hendaklah selalu tulus dan setia, supaya dengan demikian mereka dalam segala hal memuliakan ajaran Allah, Juruselamat kita.

2:11 Karena kasih karunia Allah yang menyelamatkan semua manusia sudah nyata.

2:12 Ia mendidik kita supaya kita meninggalkan kefasikan dan keinginan-keinginan duniawi dan supaya kita hidup bijaksana, adil dan beribadah di dalam dunia sekarang ini

2:13 dengan menantikan penggenapan pengharapan kita yang penuh bahagia dan penyataan kemuliaan Allah yang Mahabesar dan Juruselamat kita Yesus Kristus,

2:14 yang telah menyerahkan diri-Nya bagi kita untuk membebaskan kita dari segala kejahatan dan untuk menguduskan bagi diri-Nya suatu umat, kepunyaan-Nya sendiri, yang rajin berbuat baik.

2:15 Beritakanlah semuanya itu, nasihatilah dan yakinkanlah orang dengan segala kewibawaanmu. Janganlah ada orang yang menganggap engkau rendah

Sumber:
Suara Injil "IKUTLAH YESUS" atas ijin dari: Pdt. Bernard T.P Siagian, MTh.
Bacaan Alkitab: Alkitab Elektronik 2.0.0 LAI dapat di download di DOWNLOAD GRATIS ALKITAB ELEKTRONIK 2.0 VERSI DESKTOP - LAPTOP
Tuhan Yesus Memberkati.
Blog: FIRMAN TUHAN HARI INI Youtube: Renungan Harian Kristen Untuk mendapatkan  Renungan Harian Kristen dalam Audio, silahkan subscribe channel kami di sini.