MEMILIH HIDUP SALEH - KESUKAANNYA IALAH TAURAT TUHAN

Mazmur 1:2 “Tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam.”
MEMILIH HIDUP SALEH - KESUKAANNYA IALAH TAURAT TUHAN
RENUNGAN HARIAN

Orang yang suka hidup dengan berkat Tuhan akan berusaha membentuk pikiran, sikap dan tindakannya. Ia akan meninggalkan kejahatan dan membangun hidup di sekitar firman Tuhan. 

Ia membaca dan merenungkan firman Tuhan dan membandingkan ayat demi ayat, lalu menerapkannya dalam realita sehari-hari. Ia berusaha menaati kehendak Allah dari hati yang sungguh-sungguh senang akan jalan dan perintah Tuhan. 

Tindakan dan perbuatannya senantiasa terdorong oleh motivasi mengucap syukur dan rasa terimakasih telah ditebus oleh Tuhan, karena hatinya begitu terpikat oleh kehendak Allah. 

Itu berbeda sama sekali dengan doa permohonan dan seruan minta tolong karena jeritan hati orang yang ditimpa kemalangan atau kedukaan.

Bermeditasi dalam firman Tuhan adalah berdiskusi dengan diri kita sendiri tentang hal-hal besar dan kebenaran yang terkandung di dalam firman Tuhan. 

Dengan menerapkan pikiran dan perasaan dekat dengan Tuhan membuat kita akan lebih stabil dan nyaman menjalani kehidupan. Untuk tujuan sedemikian tidak ada waktu yang salah atau sia-sia. 

Segalanya akan disyukuri karena merasakan Tuhan itu begitu dekat dan senantiasa hadir. Maka kebahagiaan adalah satu-satunya jalan yang pasti bagi kita atas kesalehan hidup yang kita pilih. 

Maka sama seperti Ayub, kita pun akan dapat berseru, “Juga sesudah kulit tubuhku sangat rusak, tanpa dagingku pun aku akan melihat Allah.” (Ayub 19:26) Tanpa harta dan jabatan sekali pun kita akan dapat melayani Tuhan dengan sukacita dan menikmati kemurahan kasih-Nya. 

Itulah yang ditawarkan oleh pemazmur dalam nas kita hari ini. 

Demikianlah kiranya pula keteladanan yang seharusnya diberikan oleh para hamba Tuhan di gereja. Tentunya kitalah yang harus menentukan sendiri apa yang menjadi pilihan kita: berjalan menurut nasihat orang fasik dan berdiri di jalan orang berdosakah? (Ay 1) Atau sebaliknya: menyukai Taurat Tuhan dan merenungkannya siang dan malam? 

Selamat berbahagia merenungkan Taurat Tuhan, dan “Ikutlah Yesus!” Amin! - btps-

DOA
“Berikan kami damai, bagi setiap hamba-Mu yang melayani di dalam gereja, ya Tuhan. Jauhkanlah kefasikan dan motivasi palsu dari setiap umat yang melayani masyarakat. Amin!”
BACAAN ALKITAB
BACAAN PAGI: Ulangan 32:44-47
BACAAN MALAM: Yohanes 5:39-47

LAGU PUJIAN
BE. 727:1 “Hupillit Asa Marparbue” (Inilah Yang Dinyatakan Yesus)

BAHASA BATAK TOBA
Songon on didok Tuhanta Jesus: _“Ahu do na mamillit hamu,
Asa lao hamu na marparbue, jala mian parbuemuna i!
Hupadiri asa lao marparbue; jala mian parbuemuna i!”_
Hita na pinillit ni Tuhanta, ingot ma hata ni Tuhan i.
Parbuehon ma nasa na denggan, na hombar tu patik ni Tuhan i.
Na tarjou do hita paimbaru diri di bagasan Kristus, Tuhanta i.
Tasolsoli ma nasa dosanta tapauba ma rohanta,
Tapelehon ma nasa dirinta, baen pelean na mangolu na badia,
di Tuhanta na hinalomohon ni Debata.

BAHASA INDONESIA
Inilah yang dinyatakan Yesus: _“Akulah yang t’lah memilihmu,
Agar kamu menghasilkan buah, dan buahmu lebat dan menetap!
Aku pilih agar menghasilkan buah, dan buahmu lebat dan menetap!”_
Kita yang dipilih oleh Tuhan, ingatlah yang dinyatakan-Nya.
Dan hasilkan buah yang terbaik, yang sesuai dengan kehendak-Nya.
Kita terpanggil membaharui diri dalam Yesus, Jurus’lamat dunia.
Marilah mengaku dosa kita, menyesali dan bertobat.
Dan serahkanlah s’luruh hidupmu jadi kurban persembahan,
Kurban hidup serta kudus bagi Tuhan, Allah Mahakudus. Amin!

BACAAN PAGI:

Ulangan 32:44-47
32:44 Lalu datanglah Musa bersama-sama dengan Yosua bin Nun dan menyampaikan ke telinga bangsa itu segala perkataan nyanyian tadi.

32:45 Setelah Musa selesai menyampaikan segala perkataan itu kepada seluruh orang Israel,

32:46 berkatalah ia kepada mereka: "Perhatikanlah segala perkataan yang kuperingatkan kepadamu pada hari ini, supaya kamu memerintahkannya kepada anak-anakmu untuk melakukan dengan setia segala perkataan hukum Taurat ini.

32:47 Sebab perkataan ini bukanlah perkataan hampa bagimu, tetapi itulah hidupmu, dan dengan perkataan ini akan lanjut umurmu di tanah, ke mana kamu pergi, menyeberangi sungai Yordan untuk mendudukinya."

BACAAN MALAM

Yohanes 5:39-47
5:39 Kamu menyelidiki Kitab-kitab Suci, sebab kamu menyangka bahwa oleh-Nya kamu mempunyai hidup yang kekal, tetapi walaupun Kitab-kitab Suci itu memberi kesaksian tentang Aku,

5:40 namun kamu tidak mau datang kepada-Ku untuk memperoleh hidup itu.
5:41 Aku tidak memerlukan hormat dari manusia.

5:42 Tetapi tentang kamu, memang Aku tahu bahwa di dalam hatimu kamu tidak mempunyai kasih akan Allah.

5:43 Aku datang dalam nama Bapa-Ku dan kamu tidak menerima Aku; jikalau orang lain datang atas namanya sendiri, kamu akan menerima dia.

5:44 Bagaimanakah kamu dapat percaya, kamu yang menerima hormat seorang dari yang lain dan yang tidak mencari hormat yang datang dari Allah yang Esa?

5:45 Jangan kamu menyangka, bahwa Aku akan mendakwa kamu di hadapan Bapa; yang mendakwa kamu adalah Musa, yaitu Musa, yang kepadanya kamu menaruh pengharapanmu.

5:46 Sebab jikalau kamu percaya kepada Musa, tentu kamu akan percaya juga kepada-Ku, sebab ia telah menulis tentang Aku.

5:47 Tetapi jikalau kamu tidak percaya akan apa yang ditulisnya, bagaimanakah kamu akan percaya akan apa yang Kukatakan?"

Sumber:
Suara Injil "IKUTLAH YESUS" atas ijin dari: Pdt. Bernard T.P Siagian, MTh.
Bacaan Alkitab: Alkitab Elektronik 2.0.0 LAI dapat di download di DOWNLOAD GRATIS ALKITAB ELEKTRONIK 2.0 VERSI DESKTOP - LAPTOP
Tuhan Yesus Memberkati.
Blog: FIRMAN TUHAN HARI INI Youtube: Renungan Harian Kristen Untuk mendapatkan  Renungan Harian Kristen dalam Audio, silahkan subscribe channel kami di sini.